the best so far

Monday 26 April 2010 2 comments
halo folks!
sebenernya dari dulu gue udah seneng banget nulis. (walopun tau kalo sama sekali gak ada bakat nulis :D)
ini adalah salah satu tulisan yang pernah gue post di notes facebook sekitar 1-2 tahun yang lalu.
dan menurut gue dari semua tulisan yang pernah gue buat,
ini adalah salah satu yang terbaik.
jadi,
selamat membaca! :)

SETAN JALANAN

" gue sekarang ko gak bisa lagi yah kayak mereka ian?"
gue nunjuk segerombolan muda-mudi yg lagi kongkow-kongkow gitu.

"apa karena udah tua yak?"

gue ngomong lagi. kali ini sambil 'misuh-misuh' kenapa McD sektor 9 ayamnya dingin.

"iya lah to pikiran kita emang udah gak segampang mereka lagi."

wah jawaban yg gue harapkan dari pria berumur 21 tahun yg duduk di depan gue ini.
hahahaha.
gue mandangin muda-mudi itu lagi untuk beberapa saat,
terus berkutat lagi sama ayam dingin sialan itu.

di jalan gue gak berenti ng-repeat 2 lagu di ipod gue.

menjadi dewasanya - VOX sama all the time-nya the S.I.G.I.T
dan lagi2 temanya sama,
menjadi dewasa.
cuma dua lagu itu sepanjang perjalanan pulang yg kurang lebih makan waktu satu jam.
ya gue mau pulang setelah seminggu penuh nginep di kontrakan.
pulang stelah kenyang makan ayam dingin di McD sektor 9.

sepanjang perjalanan pulang gue ngeliat pemandangan-pemandangan yg menusuk mata.

ini adalah hari yg ditahbiskan oleh orang indonesia sebagai hari untuk keluar berjalan-jalan bersama pasangannya masing-masing.
iya hari sabtu.

untuk mereka yg bekerja siang malam tiap hari,

sabtu ya pantes jd hari buat mereka sekedar keluar dan bersenang-senang.
tapi kalo mereka?
pengangguran atau kuli-kuli atau siapapun lah yg sebenernya punya hari bebas selain 'malming' kenapa mesti harus kudu maksain keluarnya di hari sabtu yah?
gak abis pikir gue.

gue liat cowok-cewek keluar dari mobil berstiker 'don't bother me 234sc' yg parkir di oh lala.

gue liat pasangan muda belia naik motor matic sambil berangkulan mesra.
gue liat pasangan kuli-pembantu (mungkin?) yg lagi nongkrong d tukang jamu.
gue liat cewe yg jalan sendirian diganggu sama 3-4 org cowo2 kampung.
gue liat tukang ojek, pengangguran-pengangguran dan kuli-kuli bangunan yg abis selesai kerja lagi nonton bola liga indonesia.
gue liat tukang gali pipa bersimbah peluh sibuk menggali lubang saluran entah saluran apa itu di sepanjang jalan graha bintaro.
gue liat cowo berambut gondrong, berhidung silikon dan memakai hot pants.
gue liat Mall Summarecon yg rame banget sepertinya sibuk merayakan valentine days.

gue liat begitu banyak hal dan entah kenapa semuanya menusuk mata.

gue gak musuhan sama 234 sc, mana mungkin gue berani.
gue pengecut.
gue cuma risih ngeliat muda-mudi kelas 5,6 SD udah gelendotan di motor sama pacarnya.
dan gue gak ngerasa valentine itu salah walopun gue emang gak ngerayainnya.

yah apapun itu,

gue cuma risih sakit mata ngeliat gimana hidup ini bisa begitu berbeda.
untuk satu orang dan satu orang lainnya.

"ian, gue sekarang jadi sering mikir dah. gimana rasanya mereka ngeliat kita yg seneng-seneng hura-hura di malem minggu sedangkan mereka harus berjibaku nggali tanah buat makan keluarga mereka besoknya."


gak tau kenapa tiba-tiba gue trenyuh ngeliat mereka yg sibuk ngegali lubang untuk saluran pipa atau kabel gitu di sepanjang perjalanan pulang gue.


"makanya kita harus banyak-banyak bersyukur to. masih banyak yg sebenernya jauh lebih gak beruntung dari kita."


orang ini (fian temen gue) bener-bener om-om umur 21 tahun yg sejati dengan wejangan-wejangannya.

hahaha.

"iya sih, rasanya gue emang terlalu banyak ngeluh. harusnya gue lebih bersyukur."


"bener to, tapi emang begitulah kita hidup. semuanya punya cobaannya masing-masing."


"berarti kita punya cobaan yg lebih berat ya?"


"kenapa gitu?"


"iyalah soalnya selain kita mesti ngelewatin cobaan kita sendiri bwat jadi orang yg sukses, kita juga harus bantu mereka yg dikasih cobaan kesusahan untuk makan 3x sehari misalnya buat lepas dari cobaan mereka. itu juga cobaan kita kan ian?"


........................

setan jalanan ada juga yang baik ya to? lo pasti lagi kesambet ngomong gitu."

anjrit.

gue dibilang kesambet setan jalanan.
hahaha.
iya sih gue juga gak percaya kata-kata itu bisa terlontar gitu aja dari mulut gue.
'menjadi dewasa' mungkin?

gue turun di alam sutra.

fian ke arah bsd dan gw ke arah islamic.
di sepanjang perjalanan pulang gue jadi inget omongan gue sama fian waktu di McD sektor 9.

"iya ian, kita emang udah makin dewasa tapi gue belom siap rasanya jadi dewasa. makanya gue drop banget sekarang"


"ya kita mah dewasa juga belom kali to. dibilang dewasa belom bisa, dibilang masih abg juga udah ketuaan. kita lagi di masa transisi lah.."


"iye, yg tadinya gue gak mikir apa2, tiba2 jadi gitu banyak banget masalah yg harus dipikirin. stress. hahaha"


"santai laah.."


iya.

menjadi dewasa.
hal yg cepat atau lambat harus kita lewatin.
hal yg kadang terlambat kita lakukan ketika sebenernya kita harus melakukannya.
hal yg kadang terlambat kita sadari karena tanpa sadar waktu terus aja berputar walopun ketika kita udah memutuskan berhenti.

you love me to death.

but they may love me more.
you could love me to death.
but i will have to go.
you love me to death.
but i will let you go.

lagunya hooverphonic muter berkali-kali di otak gue.

setelah tanpa sadar gue udah sampe di depan rumah.
bahkan serombongan kuli-kuli yg baru pulang selesai kerja ngebangun rumah tetangga gue gak berhasil ngebuat gue berenti berpikir.
malah sebenernya gue sama sekali gak ngerasain kalo mereka tadi ada.

menjadi dewasa.

rasanya berhasil ngebuat gue ngeliat dunia.
dari sudut pandang yg begitu berbeda.

2 comments:

  • kaghati rawiraka said...

    nah ini nih...
    knp ya gw malah ga peduli atau sebenernya ga bisa peduli soal muda atau tua. apa emang idup gw yang kelewat sangtai! hahaha...

    yang bisa gw inget cuma omongan Cantona, JOGA BONITA MY FRIEND... hehe

Post a Comment

 

©Copyright 2011 tidak terlalu naif | TNB